Loader

Personal Branding, Strategi Untuk Fresh Graduate Berhasil di Dunia Kerja

Personal Branding, Strategi Untuk Fresh Graduate Berhasil di Dunia Kerja

Jakarta, 20 Februari 2021 – Pencarian kerja menjadi sebuah kompetisi yang tak terelakkan bagi mereka yang baru lulus kuliah (fresh graduate). Merekatak hanya bersaing dengan sesama rekan yang belum berpengalaman kerja namun juga dengan pekerja yang sudah memiliki pengalaman. Dibutuhkan strategi jitu bagi fresh graduate untuk dapat menonjol dan menunjukan kompetensi yang dimiliki melalui Personal Branding yang tepat. Strategi inilah yang coba dibagikan oleh Tim Alumni Mentorship, yang bernaung di bawah Almamater Center ILUNI UI (Ikatan Alumni Universitas Indonesia), melalui acara online training yang mengangkat bertajuk “Building Personal Branding for Fresh Graduates”. Training yang diadakan pada Sabtu, 20 Februari 2021 ini merupakan bagian dari program Future Star Corps (FSC) 2021.

Apa itu personal branding? Istilahini mungkin masih terdengar asing bagi para fresh graduates. Menurut Senior HR Consultant, Career & Personal Development Expert, Tuti Indrawati, yang menjadi pemateri dalam online training tersebut, personal branding adalah sebuah konsep baru dalam dunia Marketing, terkait dengan strategi seseorang untuk mempromosikan dirinya, kekuatan atau pun karakter pribadi yang menonjol dari dirinya. Konsep inilah yang diangkat dalam tranining yang merupakan hasil kerjasama antara Almamater Center Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) dengan Direktorat Pengembangan Karier dan Hubungan Alumni UI (DPKHA UI dan Komunitas Coach MCC.

Tuti yang juga Alumni Fakultas Psikologi UI menjelaskantigahal pentingdalam membangun brand diri tersebut. “Personal branding adalah memahami apa yang sejatinya unik tentang diri dan menggunakan keunikan tersebut untuk membedakannya dari orang lain serta membimbing diri dalam keputusan karir. Dalam membangun personal branding perlu untuk mengenali apa yang akan ditonjolkan sebagai materi promosi diri, lalu mengidentifikasi karakter, minat, nilai-nilai pribadi, dan keterampilan yang kemudian dipadukan dalam kemasan yang menarik,” paparnya.

Lebih lanjut Tuti menjelaskan bahwa membangun personal branding harus didukung dengan pernyataan pencapaian kesuksesan. Hal ini dapat dan perlu ditampilkan, misalnya, dalam resume dan pada saat wawancara. Untuk dapat menyampaikan cerita ringkas tentang capaian sukses tersebut, menurutnya perlu adanya identifikasi pencapaian yang dapat dilakukan melalui metode SOAR. Metode ini digunakan dengan menggali empat hal dalam sebuah kisah sukses yang telah dicapai, yaitu Situation (situasi), Obstacles (hambatan), Action (tindakan), dan Results (hasil).

Setelah mengupas seputar membangun personal branding yang baik, pada sesi kedua pelatihan virtual ini juga dipaparkan panduan dalam membuat resume atau CV (curriculum vitae) yang ‘menjual’ serta bagaimana menyampaikan brand diri dalam sebuah wawancara kerja. Dipandu oleh Host Peter Samuel Oloi, seorang Performance Management Specialist, dan Deasy Meutia Amrin, seorang Psikolog, sebagai Co-Host, pelatihan ini mengajak fresh graduates untuk mempersiapkan diri agar dapat unggul dalam memasuki dunia kerja professional.

Sementara itu, Ketua Almamater Center M. Try Sutrisno Gaus menyebut, Program Future Star Crops merupakan upaya ILUNI UI untuk membantu para mahasiswa dan alumni muda untuk mempersiapkan diri menghadapi kehidupan paska kampus. Program Future Star Corps diharapkan dapat menjadi jembatan dalam mempertemukan para alumni UI potensial dengan para mahasiswa dan alumni mudanya dalam menyiapkan SDM unggul untuk Indonesia maju. ”Untuk itu, kami telah menyiapkan rangkaian kelas coaching, seminar, dan training yang mengundang praktisi karier dan profesional dari para alumni UI, juga bekerja sama dengan komunitas dan lembaga,” ujar Gaus.

Selain training, Program Future Star Corps juga memberikan kegiatan Group Coaching berkolaborasi dengan komunitas Coach MCC. Dalam kegiatan ini, peserta mendapat kesempatan untuk berdialog dan mengeksplorasi diri lebih mendalam dengan bimbingan Certified Professional Coach, sehingga dapat lebih memahami materi yang disampaikan. Kesuksesan acara ini tidak lepas dari peran Ivan Rahadian, anggota tim Alumni Mentorship, yang mengawal sebagai Koordinator Acara.

Tentang Program Future Star Corps (FSC) 2021

Future Star Corps adalah program spesial yang diselenggarakan oleh ILUNI UI (Ikatan Alumni Universitas Indonesia) melalui Alumni Mentorship Almamater Center. Selain training, rangkaian kegiatan dalam program FSC juga menyelenggarakan kegiatan coaching secara berseri dengan dibimbing oleh tim Certified Professional Coach, serta seminar karir bertajuk “Life After Campus Seminar” yang menampilkan tokoh-tokoh masyarakat atau nasional yang juga alumni UI. Semuanya ditujukan untuk membantu menyiapkan rekan-rekan fresh graduate agar dapat lebih percaya diri dan adaptif, sehingga lebih mantab dan untuk berperan dalam “dunia nyata”, termasuk dunia profesional, setelah lulus kuliah. Jika tahun sebelumnya program ini lebih banyak ditujukan khusus untuk kalangan Universitas Indonesia, tahun ini FSC juga menyelenggarakan acara training, group coaching dan seminar karir yang dibuka untuk umum. Program ini  

Informasi selengkapnya: Devi Irma Safitri +62 813 8044 9686 (Sekretariat ILUNI UI)

No Comments

Post A Comment

Whatsapp
1
Apakah anda butuh bantuan?
Hallo,
Apa yang dapat kami bantu?