Loader

Indri L. Juwono

INDRI JUWONO

Indri adalah alumni Jurusan Arsitektur  Fakultas Teknik Universitas Indonesia , yang lahir di Cirebon pada lahir di Cirebon pada 30 April 1979. Memiliki passion yang besar di bidang lingkungan, mendorongnya untuk bergabung dengan kelompok Pencinta Alam Kamuka Parwata di FTUI, dan pernah menjabat sebagai Ketua Seksi Pemukiman (1998-1999) dan Ketua Bidang Khusus (1999-2000) yang membuatnya gemar menulis cerita perjalanan yang dilakukannya semasa kuliah.

 

Sesudah lulus, Indri sempat bekerja pada beberapa konsultan arsitektur sebagai arsitek, yang membuatnya bergabung pada beberapa proyek yang membutuhkan ketelitian dan manajemen waktu serta koordinasi antar disiplin. Ia juga paham mengenai konstruksi bangunan karena beberapa kali  mengerjakan proyek pribadinya sehingga dekat dengan detail bangunan. Ketika bertugas di manajemen proyek, ia juga tidak canggung untuk turun ke proyek lengkap dengan segala peralatan safety-nya.

 

Masa kecil dan remaja yang dilaluinya dengan berpindah-pindah kota membuatnya hobi melakukan perjalanan baik dalam grup maupun sendiri. Indri rutin mengambil libur dari kerja selama beberapa hari untuk menyusuri gunung, pantai, kota, desa. Sudah 25 propinsi yang dijalaninya di Indonesia dengan destinasi favoritnya adalah pemukiman tradisional. Ia suka melewatkan waktu untuk mempelajari arsitektur vernakular langsung di tempat asalnya, belajar mengenai kebiasaan-kebiasaan lokal dan berkenalan dengan penduduk setempat. Ia sangat suka meluangkan waktu mengajar anak-anak kecil membaca dan bercerita di desa mereka.

 

Tidak hanya melakukan perjalanan, Indri mendokumentasikan karya foto dan tulisannya di blog pribadinya www.tindaktandukarsitek.com sehingga ia selalu punya kenangan akan tempat-tempat tersebut. Kegemarannya menulis ini membuatnya sering mendapatkan kesempatan di berbagai majalah dan koran serta media online untuk menuliskan cerita perjalanannya. Dari sini juga ia sering mendapat kesempatan terbang ke daerah tertentu untukmempromosikan pariwisata.

 

Tahun 2015 Indri didapuk untuk menjadi Ketua Communication Center ILUNI FTUI, yang mengembangkan serta mengelola media informasi untuk alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia, menginformasikan ratusan kegiatan ILUNI FTUI. Selain itu ia juga aktif membantu Community Development Center juga menyalurkan hobinya keluar masuk desa dengan alasan liputan ke beberapa desa binaan. Sembari mulai bergabung di ILUNI UI tahun 2016, Indri aktif juga menangani pemulihan konstruksi hunian pasca bencana mulai pasca banjir di Garut, pasca gempa  Lombok NTB dan pasca tsunami Palu Sulawesi Tengah.

 

Dengan nama tengah Lestari, selaras dengan kecintaannya pada lingkungan sehingga menarik minatnya untuk melanjutkan sekolah pascasarjana di Arsitektur dan mengambil  kekhususan Sustainable Architecture pada tahun 2016. Pengalaman ini yang membawanya  riset di pedalaman Flores, Nusa Tenggara Timur berkali-kali.

 

Pengalamannya traveling di banyak tempat di Indonesia juga kebiasaannya menggunakan transportasi publik membuatnya terpanggil untuk bekerja di Perum DAMRI, salah satu perusahaan transportasi nasional untuk menangani Manajemen Aset dan Pengembangan Properti.

 

Menjadi Ketua Community Development Center pada tahun 2018 sejalan dengan pola pikirnya untuk menjaga bumi, mewariskan pada generasi mendatang bumi yang lebih hijau, menjaga keseimbangan alam serta mengaplikasikan pengetahuan pada masyarakat. Menyadari bahwa manusialah faktor terbesar merusak bumi, oleh karena itu harus terus diupayakan pemulihannya sehingga bumi tetap lestari.

 

Hubungi Indri di:

indrijuwono@gmail.com

IG: @miss_almayra

blog : www.tindaktandukarsitek.com

 
Whatsapp
1
Apakah anda butuh bantuan?
Hallo,
Apa yang dapat kami bantu?