Loader

Ikatan Alumni Adakan Kolaborasi Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi

Ikatan Alumni Adakan Kolaborasi Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi

Depok, 27 Maret 2021 – Ikatan alumni dari berbagai perguruan tinggi mengadakan program-program kolaborasi untuk promosikan budaya, pariwisata, dan olahraga. Tujuan utama kolaborasi tersebut sebagai upaya untuk membantu masyarakat bangkit dari pandemi.

Salah satu bentuk kolaborasi dalam budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif adalah diselenggarakannya Jabar Culture & Tourism Festival (Jafest) 2021 pada tanggal 20 Maret – 22 April. Keempat ikatan alumni yang bersinergi dalam acara ini terdiri dari Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), IKA UNPAD,  IA ITB, dan HA IPB. Kali ini, Jafest 2021 mengambil tempat di Depok.

Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian mengatakan, sebuah kehormatan bisa menjadi bagian dari rangkaian Jafest 2021. Menurutnya, UI tak terpisahkan dari Depok, apalagi Kampus UI sebagian besar juga berada di Depok. “Untuk itu, ILUNI UI berharap sinergi dengan ikatan alumni dari perguruan tinggi lainnya mampu mendorong perekonomian masyarakat dan juga memperkenalkan kepada khalayak lebih luas tentang wisata dan budaya di Depok,” ucap Andre dalam pelaksanaan Jafest 2021 di Depok, Minggu (28/3).

Kegiatan Jafest 2021 yang dilaksanakan di Kantor Balaikota Depok ini mengambil tema “Nyok Ke Depok”. Tema ini menggambarkan percampuran dari budaya Sunda dan Betawi yang tercermin dalam keseharian masyarakatnya. Meski terdapat akulturasi budaya, kota Depok tetap memiliki seni budaya asli seperti silat dan tari topeng Cisalak. Depok juga memiliki kuliner khas yaitu dodol belimbing dan dodol jambu biji. Berbagai pertunjukan seni budaya khas Depok pun dipertontonkan di Jafest 2021, seperti penampilan palang pintu dan tarian mpok cantik.

Sementara itu, Ketua Umum IKA UNPAD Ira Herawati menyampaikan, partisipasi ikatan alumni perguruan tinggi di Jawa Barat merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama tersebut diharapkan mampu menggeliatkan kembali perekonomian dan pariwisata yang terdampak akibat pandemi. “Keempat ikatan alumni ini berasal dari universitas terbaik negeri dengan potensi besar dan ciri khas masing-masing. Ketika potensi terbaik negeri bersatu, semoga kolaborasi yang tercipta mampu memberikan manfaat besar khususnya bagi masyarakat Jawa Barat,” kata dia.

Berbagai daerah yang ditampilkan dalam gelaran Jafest 2021 merupakan daerah dengan keragaman budaya, pariwisata, serta ekonomi kreatif dan UMKM. Jafest 2021 telah dilaksanakan di beberapa daerah yakni Bogor, Bandung, Garut, dan Cirebon. “Kali ini, rangkaian Jafest 2021 mengambil tempat di Depok.  Kota ini memiliki potensi yang besar, terutama dengan letaknya yang strategis sebagai salah satu daerah penyangga ibukota dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat,” sebut Ira.

Lebih jauh, Andre mengungkapkan, kolaborasi ikatan alumni akan terus berlanjut. Dalam waktu dekat ada kemungkinan ILUNI UI, IKA UNPAD, IA ITB, dan HA IPB akan kembali berkolaborasi dalam program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. ”Program ini diinisiasi oleh Menteri Koperasi dan UKM dan Gubernur Jawa Barat sebagai brand ambassador. Program ini direncanakan berjalan pada bulan April di Jawa Barat,” tutur dia.

Tak hanya di bidang budaya, kolaborasi antar ikatan alumni juga merambah ke bidang olahraga. Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi (HIMPUNI) menyelenggarakan kegiatan pertandingan golf yang diikuti oleh 40 alumni dari perguruan tinggi negeri. Hasil dari kegiatan ini didonasikan untuk beasiswa dan pendidikan.  Selain itu, UI, UGM, ITB, dan IPB juga mengadakan pertandingan tenis beregu 4 PTN pada 27-28 Maret di Lapangan Kodam Jaya. “Diharapkan semakin sinerginya kegiatan ikatan alumni di berbagai bidang mampu membantu masyarakat untuk bangkit dari pandemi,” pungkas Andre. (*)

No Comments

Post A Comment

Whatsapp
1
Apakah anda butuh bantuan?
Hallo,
Apa yang dapat kami bantu?