Loader

Bachtiar Firdaus

Bachtiar adalah alumni Jurusan Teknik Gas dan Petrokimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (www.che.ui.ac.id), lahir di Jakarta 4 Januari 1976. Selama mahasiswa, aktif dalam berbagai organisasi di antaranya sebagai Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FTUI periode 1997-1998 dan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) yang pertama periode 1999-2000 serta Mahasiswa Aktif Berprestasi FTUI tahun 1998.


Bergabung sejak awal pendirian Program Pembinaan SDM Strategis Nurul Fikri (PPSDMS NF) pada bulan Februari 2002, sekarang menjadi Rumah Kepemimpinan (www.rumahkepemimpinan.org), institusi “Pabrik Pemimpin Muda Indonesia” yang memberikan beasiswa dan pembinaan kepemimpinan mahasiswa 11 PTN di asrama 9 kota. Selain menjadi Ketua Yayasan di Rumah Kepemimpinan, Bachtiar diamanahi sebagai Komisaris PT Lentera Mitra Strategis yang mengelola dana wakaf serta endownment fund. Dia juga aktif sebagai Pengurus di Gerakan Anti Korupsi Lintas Perguruan Tinggi GAK LPT sejak 2014 dan pernah menjadi Sekretaris Jendral ILUNI FTUI periode 2015 – 2018 (www.iluniteknik.org), serta menjadi Sekretaris Jendral ILUNI UI periode 2019 – 2022 (www.iluni.ui.ac.id).

Di STT Terpadu Nurul Fikri, Bachtiar mengajar mata kuliah soft skills yaitu Pendidikan Agama Islam, Ketrampilan Kepemimpinan, Ketrampilan Komunikasi, Ketrampilan Kerja Sama dan Organisasi, serta Technopreneurship. Quanta Gramedia telah menerbitkan buku “Prophetic Leadership Seni Kepemimpinan Para Nabi: Menjadi Pemimpin Reformasi, Revolusi, dan Transformasi” hasil karyanya tentang teori dan aplikasi kepemimpinan Para Nabi pada bulan Desember 2016.


Bachtiar berpengalaman selama lebih dari 18 tahun dalam bidang pengembangan SDM di beberapa perusahaan dan NGO. Dia juga aktif mengadakan Leadership Training dan Leadership Coaching, serta sebagai narasumber-motivator-konsultan kepemimpinan. 


Bachtiar mendapat beasiswa untuk menyelesaikan kuliah S2 nya di Lee Kuan Yew School of Public Policy, University of Singapore (www.lkyspp.nus.edu.sg) dalam bidang kebijakan publik pada tahun 2006-2008.


Selain itu, dia juga berkesempatan mengikuti “Meridian Exchange Program on US Elections” di tiga kota negara Amerika Serikat pada tahun 2012 (www.meridian.org). Juga pernah mengikuti “NAMA InQube” Synergizing Together – Building the Future, sebuah workshop 10 hari untuk Pemberdayaan NGO dari enam negara di Malaysia pada tahun 2017. Pada Desember 2018, ia mengikuti Kaplan Norton Balanced Scorecard Certification Boot Camp 6 hari di Malaysia dan berhasil lulus sertifikasi Palladium Kaplan Norton Balanced Scorecard Certified pada Februari 2019.


Dia mendirikan dan menjabat sebagai Direktur Indonesia Bangun Desa tahun 2012-2014 yang membentuk dan memberdayakan para agropreneur muda untuk membangun wilayah pedesaan dan pesisir Indonesia. Juga pernah menjabat sebagai Direktur Nurul Fikri Student Center tahun 2002-2004 dan Direktur SDM PT Nurul Fikri Cipta Inovasi (www.nurulfikri.com) tahun 2008-2012.


Pada bulan September 2014, Bachtiar adalah salah satu penerima penghargaan dari DTK FTUI sebagai Tokoh Inspirasional 33 Tahun TGP / DTK FTUI. Moto hidupnya adalah Read, Travel, and Lead yang melambangkan kesukaannya membaca dan pergi ke berbagai wilayah (dalam dan luar negeri), mendapatkan banyak pelajaran untuk sukses memimpin diri dan lingkungannya.


Bachtiar juga sering memotivasi dirinya dengan mengucapkan kalimat:

“No Action, Nothing Happens.. 

Take Action, Miracles Happens.. 

be a Man of Action.!” 

untuk menghadapi tantangan dan hambatan yang ditemui dalam berbagai aktivitasnya.


Hubungi Bachtiar di bachtiar@rumahkepemimpinan.org




Whatsapp
1
Apakah anda butuh bantuan?
Hallo,
Apa yang dapat kami bantu?